Monday 7 March 2016

Cara Mudah Membuat Kacamata Gerhana Matahari





9 Maret 2016...............?????
Dalam sepekan ini ramai diperbincangkan tentang tanggal 9 maret 2016 ini tentang akan munculnya gerhana matahari yang merupakan momen langkah dan sayang untuk dilewatkan. Beberapa kota besar di indonesia akan dapat secara langsung menyaksikanya fenomena langkah ini. Khususnya daerah saya di Desa Sungsang Banyuasi II ini. tapi memang belum bisa dipastikan secara langsung gerhana yang dipetakan akan bisa dilihat khusus di kota Palembang dan Bangka Belitung ini bisa kami saksikan dengan jelas dari Desa Sungsang tercinta ini.


Ngomong-ngomong tentang gerhana matahari yang akan muncul tanggal 9 maret 2016 ini tentunnya tidak bisa dilihat langsung dengan mata telanjang, kita perlu kacamata khusus untuk melihatnya dikarenakan info yang saya dapatkan ternyata sangat berbahaya jika dilihat langsung dengan mata terbuka. jadi apakah ada solusinya.....?????


Jawabnya jelas ada, kerena sudah banyak dibeberapa kota telah membuat kacamata gerhana matahari ini dan juga tentunya diproduksi terbatas dan tidak semua orang dapat membelinya apalagi waktunnya sudah mepet banget. Jadi buat saobat semua jangan khawatir saya punya solusinya dan saya juga akan mencoba untuk membuat Kacamata Gerhana Matahari tersebut. Yooookkkkk.....simak ulasan dan tutorialnya dibawah ini. ;)

Bahan-bahan yang diperlukan:

1. Pola kacamata Matahari, download gratis di sini.
2. Filter Matahari (boleh merk Seymour atau Baader, wajib tipe Neutral Density 5).
3. Cutter atau gunting.
4. Lem.
5. Kertas karton putih yang kuat.



Cara membuat:

  1. Download pola kacamata Matahari, lalu print/cetak pada kertas karton yang telah disiapkan.
  2. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
  3. Lipat pola yang ditandai dengan garis putus-putus.
  4. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
  5. Potong filter Matahari sedikit lebih besar dari kotak lensa, lalu sisipkan.
  6. Lem semua sisi sehingga kacamata Matahari menjadi seperti gambar paling atas di artikel ini.
Perhatian! Harap pakai filter Matahari yang memanglah dikhususkan untuk lihat Matahari dengan cara segera. Pemakaian sisa disket kurang aman serta tak dapat meredam silau Matahari yang bisa membakar retina mata hingga mengakibatkan kebutaan.
Langkah memakai kacamata Matahari ini cukup gunakan di siang hari atau waktu peristiwa gerhana Matahari, lantas tujukan pandangan ke Matahari. JANGAN PERNAH lihat segera ke arah Matahari tanpa ada kacamata Matahari berfilter spesial.
Filter Matahari bisa dibeli di toko aksesori kamera, toko teleskop, toko piranti keras atau dapat pula membelinya dengan cara on-line di beberapa toko on-line terpenting di Indonesia ataupun luar Indonesia.
Tak miliki filter Matahari? Anda bisa menggantinya dengan negatif film hitam-putih. Negatif film hitam-putih mesti diungkap atau dipapar dibawah cahaya Matahari minimum 60 detik, setelah itu mesti dicuci di studio photo. Potong serta rekatkan sampai tiga lapis atau tiga tumpuk. Filter dari negatif film ini telah cukup aman untuk melihat Matahari optimal sampai 2 menit.
Jadi tunggu apa lagi sob.....segera buat kacamatanya masih 2 hari lagi kan.....!!!!! ;)
Selamat Mencoba Semoga Bermanfaat.





Whatsapp Button works on Mobile Device only

Start typing and press Enter to search